Senin, 15 Oktober 2018

Terprogram Sejak Lahir

95% kehidupan kita didasari oleh pemprograman hidup di tujuh tahun awal usia kita. Setiap manusia pada awal tujuh tahun hidupnya ada pada proses pembentukan pikiran bawah sadar. Pada anak di bawah usia tujuh tahun, otak mereka bergetar pada frekuensi yang lebih rendah dari pikiran bawah sadar yang disebut dengan theta.

Theta adalah imaginasi yang berguna untuk membentuk kesadaran manusia setelah melewati fase pemrograman hidup di awal tujuh tahun usianya. Pemrograman hidup dengan theta berlangsung saat anak mengamati perilaku orangtua, keluarga dan orang di sekitarnya.

Buku Rich Dad, Poor Dad menggambarkan jika Anda berasal dari keluarga miskin dan Anda berjuang selama hidup Anda untuk menjadi kaya, Anda tidak akan pernah berhasil. Namun, jika Anda berasal dari keluarga kaya dan berbuat bodoh selama hidup Anda, Anda akan tetap berhasil.

Keberhasilan tersebut bukan dikarenakan oleh perbuatan sadar, melainkan oleh tingkah laku pikiran bawah sadar yang terprogram pada saat anak-anak.

95% kehidupan kita berasal dari program pikiran bawah sadar. Setiap hari kita hanya menggunakan 5% pikiran sadar kita yaitu kreatifitas.

Gelombang otak

Langkah Memprogram Ulang Pikiran Bawah Sadar

Pertama, kenali di mana kesulitan Anda. Saat satu hal membutuhkan banyak upaya dan menyulitkan Anda, itu artinya Anda belum memiliki program pikiran bawah sadar untuk hal tersebut, dan Anda sedang berusaha untuk memprogram ulang pikiran bawah sadar Anda.

Kedua, memasukkan program baru ke pikiran bawah sadar Anda. Pikiran bawah sadar belajar dari dua hal mendasar:
  1. Hypnosis yang berlangsung pada awal tujuh tahun usia kita.
  2. Pengulangan (repetition) dan latihan.
Terus latih program baru Anda hingga pikiran bawah sadar Anda menerimanya dan menjadikan itu bagian dari 95%  progam baru hidup Anda.


Tulisan ini adalah terjemahan dari How We Are Programmed at Birth oleh Dr. Bruce Lipton.